Artikel ini di Proteksi Oleh :

Protected by Copyscape Duplicate Content Penalty Protection

Bijak memilih pemanis untuk kesehatan tubuh

Posted by Pengobatan dan Ramuan Tradisional

Bicara mengenai pemanis, pasti yang kita bayangkan adalah kue basah, cake ataupun ice cream dan tentu sangat erat hubungannya dengan kesehatan tubuh, bila dikonsumsumsi berlebihan tentu akan membawa dampak bagi kesehatan tubuh. Ada dua kategori pemanis, yaitu pemanis alami dan pemanis buatan, untuk itu kita harus bijak memilih pemanis untuk kesehatan tubuh.

Sedikit dibahas tentang dua kategori pemanis dibawah ini :

Bijak memilih pemanis untuk kesehatan ubuh


PEMANIS ALAMI
1. Madu : merupakan larutan yang mengandung 80% gula dan mempunyai kandungan fruktosa, yaitu suatu monosakarida yang terdapat dalam buah sehingga sering disebut sebagai gula buah.
Fruktosa mempunyai indeks glikemik rendah sehingga tidak cepat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh.
2.Gula Aren : gula aren sama dengan gula pasir yang mempunyai kandungan karbohidrat yang disebut sukrosa, indeks glukemik gula aren lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan madu, tetapi lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir.
3. Stevia : berasal dari tumbuhan perdu, rahasia kemanisannya terletak pada bahan kimia alami yang bernama steviosida, aman dikomsumsi untuk penderita diabetes, tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan.
4. Gula Jagung : mempunyai kandungan monosakarida berupa glukosa.

PEMANIS BUATAN
1. Aspartam : Pemanis buatan ini merupakan senyawa metil ester dipeptida lebih tinggi dari glukosa, efek berbahaya akan timbul bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan, antara lain masala jantung, pegal-pegal dan gangguan penglihatan.
2. Sakarin : Pemanis ini tidak mengandung kalori, penggunaan sakarin tidak diperbolehkan terlalu banyak karena bisa menimbulkan  kanker, gangguan seksual, impotensi, dan insomnia.
3. Siklamat : Minuman yang paling banyak terkandung dalam siklamat adalah es krim, es puter, selai dan saus, bahkan dibeberapa negara penggunaan pemanis buatan ini tidak diperbolehkan karena menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh.
4. Sorbitol : Pemanis buatan ini banyak dipakai untuk pemanis kismis, selai dan roti, sorbitol dapat memperburuk sindrom usus mengakibatkan nyeri pada perut dan diare.

Berbagai macam pemanis alami dan buatan tentu lebih dianjurkan untuk bijak memilih pemanis untuk kesehatan tubuh, pemanis alami selain aman dalam mengkonsumsi (walau harganya mahal), tetapi lebih baik dibandingkan dengan pemanis buatan yang aturan pemakaiannya sangat ketat dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Related Post



Posting Komentar